Velociraptor

Velociraptor
Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Velociraptor
Rentang fosil: Late Cretaceous
Velociraptor skeletal by Scott Hartman.jpg
Klasifikasi ilmiah
Kerajaan: Animalia
Filum: Chordata
Kelas: Sauropsida
Superordo: Dinosauria
Ordo: Saurischia
Upaordo: Theropoda
Famili: Dromaeosauridae
Genus: Velociraptor
Osborn, 1924
Species

V. mongoliensis Osborn, 1924

Velociraptor (arti ‘pencuri gesit’) adalah sejenis pemangsa seperti Tyrannosaurus, hanya berbadan lebih kecil dan biasa hidup berkelompok. Strategi menyerang mereka lebih pintar daripada dinosaurus lainnya. Mereka menggunakan penarik perhatian untuk mengalihkan perhatian mangsa mereka, yang sebenarnya mangsa mereka telah dikepung.
Deskripsi
Velociraptor dibandingkan dengan manusia

Velociraptor hidup di akhir Zaman Kretasius sekitar 75-71 juta tahun yang lalu. Ia termasuk dalam sub-ordo Dromaesauridia yang memiliki ukuran tubuh sedang, dengan panjang sekitar 6 kaki (1.8 meter) dan tinggi 3 kaki (1 meter) dan berat sekitar 15-30 pound (7-14 kilogram) . Seperti Dromaesauridia lainnya, tubuh Velociraptor kemungkinan memiliki bulu. Selain itu, mereka memiliki sebuah cakar besar berbentuk melengkung, yang kemungkinan digunakan untuk menusuk atau merobek tubuh korbannya.
Velociraptor mongoliensis dengan bulu sayap besar.

Velociraptor juga termasuk pintar bila dibandingkan dengan dinosurus lainnya, dan hal ini membuat mereka mampu bersaing dengan predator besar lain yang hidup di tempat yang sama. Jika terdesak, Velociraptor biasanya memanggil bala bantuan dengan mengeluarkan suara yang khas; suara ini bisa terdengar hingga radius kurang lebih 1.000 km. Fosilnya ditemukan di daerah Mongolia, Rusia, dan Cina.
Referensi

Tentang tesarphone

hanya tertarik pada hal aneh. hha
Pos ini dipublikasikan di Uncategorized. Tandai permalink.

Tinggalkan komentar