Archaebacteria dan Eubacteria

Seperti biasa saya akan sedikit basa basi dahulu(penting).
Selama ini kita hnaya mengenan Bakteri tanpa klasifikasinya, dan sekarang saya menjelaskan sedikit sekali tentang Bacteria yang tergolong menjadi Archaebacteria (bakteri kuno/zaman dahulu/ lama) dan Eubacteria (bakteri baru) yang kita kenal selama ini sebagai bakteri.

1.Perbedaan Mendasar antara Eukariota dan Prokariota

Bakteri merupakan makhluk hidup.Namun sel bakteri berbeda dengan organisme tingkat tinggi seperti manusia, tumbuhan dan hewan.Sel makhluk tingkat tinggi merupakan sel Eukariota dan Sel Bakteri adalah prokariota.Perbedaannya terletak pada membran inti sel.Sel yang memiliki membran inti sel digolongkan dalam kelompok Eukariotik/Eukariota dan yang tidak memiliki membran inti disebut Prokariotik.Dengan kata lain atau bahasa lain bakteri Eukariotik adalah bakteri yang sudah memiliki membran inti sel.Organisme Eukariota yaitu fungi,protista,algae,tumbuhan,hewan dan kita Manusia.

Prokariota adalah sel yang belum memiliki membran inti(atau belum berevolusi menurut teori) sehingga asam nukleat-nya tersebar ke seluruh sitoplasma.Sel prokariotik tidak memiliki organel bermembran.Mereka memiliki DNA dan RNA yang tersebar ke seluruh sitoplasama.Tetapi jangan salah, prokariota memiliki ribosom yang bertugas men-sintesis protein yang dibutuhkan sel namun ukurannya relatif kecil dari sel Eukariota.
Prokariot memiliki dinding sel, dibawahnya terdapat membran plasma yang membungkus sitoplasma.Prokariota dapat berkoloni membentuk suatu jaringan, namun tidak ada organisasi jaringan yang sebenarnya.

Sel Prokariota adalah sel yang sanagat kuat.Mereka dapat hidup di daera Kutub Selatan dan Utara Bumi yang bersuhu maksimum 40(derajat)Celcius.MEreka juga ditemukan pada 9600 m dibawah permukaan laut.Mereka berkembang biak secara aseksual atau membelah diri dan waktu yang dibutuhkan singkat.Prokariotik dibagi menjadi 2 yaitu archaebacteria dan eubacteria.

2.Eubacteria

Bakteri(Eubakteria) bersifat kosmopolit yang berarti dapat hidup dimana saja.Pada umumnya tidak berklorofil walaupun ada beberapa.Isi atau struktur bakteri antara lain materi genetik(DNA,RNA),ribosom,plasma sel,sitoplasma,Dinding sel,membran sel, dan caadangan makanan.

Bakteri memiliki dinding yang berarti bersifat kaku.Dinding sel ini sama fungsi tertentunya dengan dinding sel pada tumbuhan, yaitu mencegah terjadinya sel pecah akibat osmosis bila diletakan pada larutan hipotonik.bakteri mempunyai flagellum yang berfungsi sebagai alat gerak.falgell di bagi menjadi :
1.Monotrik = hanya memiliki satu ekor atau flagell pada salah satu bagian
2.Amfitrik = mempunyai flagel pada tiap ujung
3.Lopotrik = memiliki banyak flagel di salah satu sisi
4.Peritrik = mempunyai flagel pada setiap sisi
5.Atrik = tidak mempunyai flagel

Tentang tesarphone

hanya tertarik pada hal aneh. hha
Pos ini dipublikasikan di Biology. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s