Reproduksi Virus

Setelah kalian mungkin mengenal virus sekarang saatnya untuuuk tahu! reproduksiiiii virus(jeng…jeng…jeng….jeng).(???)

Here We Go

Cara reproduksi virus ada 2 yaitu LISIS/LITIK(ARTINYA SAMA AJA) dan LISOGENIK

kita bahas langsung 2-2nya:

Kalo kita liat di gambar no.1 menunjukan daur litik/lisis dan no.2 menunjukan daur lisogenik

saya sengaja mengambil contoh gambar bakteriofage atau bakteri yang menginfeksi bakteri atau bereproduksi dalam tubuh bakteri
sekarang biar lebih jelasnya nih:

LITIK/LISIS

artinya pecah atau hancur.Maksudnya adalah pada tahap terakhir dari daur ini sel/bakteri yang menjadi inangnya pecah(bisa dibilang seperti telur yang menetas dan bakterinya mati).

So,inilah tahapannya:

1.Adsorbsi (Penempelan,bukan absorbsi,soalnya virus menempel pada diding bakteri bukan menyedot)

2.Injeksi (Penyuntikan atau pemasukan sel DNA/RNA ke sel inang-nya)

3.Sintesis (Penghancuran DNA bakteri dan menggunakanya sebagai alat untuk istilahnya membuat suku cadang virus baru)

4.Perakitan (Nah , setelah suku cadang virus terbentuk pada tahap ini dirakitlah *body-body* virus )

5.LITIK (Nah inilah tahapan yang menamakan daur ini.setelah sekitar 200-400 terbentuk barulah mereka menghancurkan dinding sel bakteri,dan bakteri pun mati!! itulah kejamnya virus parasit bener-bener parasit,udah ngerusak,numpang,ngebunuh lagi!)

haahh….hahhh…hhaaaahh…*cape marah-marah

LISOGENIK

Lisogonik adalah penggabungan maksudnya gini, mmmmmm….. liat dulu aja deh tahapannya haha :D

1.Adsorbsi “semua tahapannya sama tapi di tambah satu tahapan lagi”

2.Injeksi

3.Penggabungan

Nah disini penjelasannya.Pada saat DNA atau RNA virus masuk kedalam sel bakteri dia menggabung ke dalam DNA bakteri .

Sebelum penggabungan (Disini saya katakan bahwa virus benar-benar-benar makhluk yang jenius yang bahasa sekarangnya #Hacker Number One bahkan teman saya saja yang ada di blogbimo.tk kalah (hehehehe) karena pada tahap ini terjadi fase eklips yaitu proses Translasi (DNA virus mentranslasi atau menerjemahkan kode-kode pos DNA bakteri tersebut *hebat kan? ) dan Transkripsi(DNA virus membuat dirinya agar mirip DNA bakteri atau sel agar dapat menyatu dengan DNA bakteri *kereeen ga tuh?)pada daur lisis terjadi juga fase ini namun DNA virus tidak menggabung kedalam DNA bakteri.Jadi pada saat bakteri atau sel membelah diri DNA virus juga membelah nah daur lisogenik ini daur yang paling bahaya karena dari menginfeksi satu bakteri bisa menjadi 2 lalu 4 lalu 16 dan seterusnya.
4.Sintesis (jikavirus merasa sudah cukup mengikuti si-inang lalu dia memulai aksinya untuk masuk daur lisis)
5.Perakitan
6.Lisis
virus yang mengalami daur lisogenik dan daur lisis disebut Themperate Phage.
nah bayi-bayi lucu dan imut yang baru lahir ini akan menjadi virion (partikel lengkap virus)

Ciri-Ciri daur litik:
a.Waktu biasanya cepat atau singkat
b.Membunuh atau menonaktifkan atau mem-BSOD(kata blogbimo.tk Blue Screen of Death atau the computer is dead.apaan sih ini malah ke komputer.ckckckc)virus.
c.Tak terikat dengan kromosom

sekarang , Ciri-Ciri daur lisogenik:
a.Waktu biasanya lama
b.Menggabungkan DNA /materi genetik virus dengan DNA inang
c.Terikat dengan kromosom bakteri

Nah inilah Cara pengembang biakan virus tapi ingat ini gambarnya buat bakteriofage kalo virus yang lain bentuknya berbeda .(tesar)

About these ads

Tentang tesarphone

hanya tertarik pada hal aneh. hha
Tulisan ini dipublikasikan di VIRUS. Tandai permalink.

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s